.
English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » » Sharing Pada Internet

Sharing Pada Internet

Written By AAN PRAWIRA on Rabu, 19 Mei 2010 | 19.5.10

Internet sharing adalah teknik untuk menambah komputer lebih banyak dari IP yang diberi ISP supaya yang pakai bisa lebih banyak. Anda cukup pasang satu gateway yang pakai satu IP dari ISP, lalu disambung ke intranet yang berisi banyak client. Semua client akan bisa akses ke Internet. Ekonomis kan ? Gambar-gambar berikut melukiskan topologi yang umum.
**Sharing Internet satu node

Pada model ini koneksi dari ISP langsung masuk ke gateway. Koneksi ini akan memakai satu IP yang diberi oleh ISP. Dari gateway koneksi ini disebar melalui hub ke beberapa komputer client. Tiap client memakai IP internal yang anda desain sendiri.

**Sharing Internet subnet
Kalau anda punya subnet, ambil salah satu IP dari ISP masukkan ke gateway. Dari gateway koneksi ini disebar ke beberapa komputer client di intranet pakai IP internal. Sisa IP dari ISP bisa ada pakai buat server, atau client external. Client external bisa bebas buat main game multiplayer di Internet. Client internal terbatas, tidak semua game bisa, dan perlu trik di gateway.
**Sharing Internet segment bertumpuk
Jika anda punya segment eksternal sendiri, ada dua pilihan topologi untuk menambah segment intranet. Yang pertama model bertumpuk. Koneksi ISP masuk ke router, lalu disebar ke ekstranet yang pakai segment IP pemberian ISP. Salah satu IP dari ISP ini lalu dipakai buat gateway yang akan menyebar koneksi ke client iintranet, pakai IP internal anda sendiri.

**Sharing Internet segment bercagak.
Model kedua, koneksi ISP langsung masuk ke gateway. Dari gateway tarik dua kabel. Satu ke segment ekstranet, lainnya ke segment intranet. Model ini lebih hemat dibanding model bertumpuk, namum setting gatewaynya akan lebih ruwet.
Pasang gateway
Anda lihat, beda koneksi akan membuat berbagai kembangan pada topologi yang bikin pusing. Namun lepas dari itu, pasang gateway tahap-tahapnya generik sebagai berikut :
- Sambung koneksi ISP ke gateway, konfigurasi networknya pakai IP dari ISP.
-Tarik kabel ethernet dari hub intranet ke gateway, konfigurasi networknya pakai IP internal pilihan anda sendiri.
-Tarik koneksi dari hub ke beberapa komputer client intranet. Masing-masing client dikonfigurasi networknya pakai IP internal.
-Kembali ke gateway, konfigurasi IP-masquerading di gateway.
-Optional, di gateway anda bisa pasang DHCP server, DNS caching, filter, dan proxy server.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Tanggapanmu Di Sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mediasiteku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger