.
English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Home » » Lahar Dingin Merapi

Lahar Dingin Merapi

Written By AAN PRAWIRA on Kamis, 04 November 2010 | 4.11.10


Aktivitas Gunung Merapi sepanjang Rabu (4/11) mengalami perubahan yang cepat dan di luar perkiraan. Setelah mengalami semburan awan panas yang lebih dahsyat dari semburan pertama, lahar dingin pun mulai turun seiring hujan deras.
Arus deras lahar dingin di Kali Kuning pada Kamis (4/11/2010) ini terjadi setelah hujan mengguyur wilayah Sleman. Material hasil semburan Gunung Merapi yang antara lain terdiri dari pasir dan bebatuan itu bercampur dengan air sehingga warnanya menjadi kecoklatan. Uap air tampak menyertai aliran lahar dingin itu.

Bahkan Tumpahan lahar dingin Merapi di Kalikuning, Yogyakarta, juga sempat mencemari air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Marta Yogyakarta. Sumber mata air untuk Kota Yogyakarta berasal dari Umbul Wadon yang berada di Hulu Kali Kuning, Cangkringan, Sleman. 

Namun terjadinya lahar dingin ini sepertinya menjadikan warga antusias menyaksikan aliran lahar meskipun gerimis mengguyur Kali Kuning. Mereka pun sama sekali tidak mempedulikan imbauan polisi yang meminta meninggalkan lokasi.

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Tanggapanmu Di Sini

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Mediasiteku - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger